[News] PBA dan LSM Idea Gelar Audit Sosial di DPRD Bantul

BANTUL - Hearing audit sosial yang dipelopori oleh Pusat Belajar Anggaran (PBA) bekerjasama dengan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Idea digelar hari ini (16/5/2012) di ruang sidang paripurna DPRD Bantul.

Dalam presentasinya PBA menguak beberapa kenyataan terkait permasalahan sosial dan penggunaan anggaran bagi warga di tiga kecamatan Bantul, yaitu Pleret, Kretek, Bantul.

Dari temuan audit sosial ternyata dari tiga kecamatan tersebut tingkat pendidikan warga Kecamatan Kretek masih banyak yang hanya tamatan Sekolah Dasar (SD). Untuk jumlah anak per kepala keluarga (KK) hanya kecamatan Pleret yang melakukan audit dan hasilnya kelaurga dengan jumlah anak lebih dari lima masih menduduki peringkat pertama sebanyak 277 KK dari 636 responden.

Audit sosial ini dilakukan sendiri oleh masing-masing warga di tiga kecamatan tersebut. Intinya warga diedukasi agar mau peduli dan mengawasi penggunaan anggaran baik APBD dan APBN di tingkat kecamatan.

Acara ini sedianya juga menghadirkan Komisi D DPRD Bantul, namun menurut Denok Rahmawati Sekjen Ikatan Mahasiswa Bantul (Imaba) selaku salah satu anggota PBA, komisi D ada acara yang berbarengan dengan jadwal.

"Meski tidak ada yang hadir, acara tetap kami langsungkan," katanya.

Padahal banyak rekomendasi yang bagus bagi Komisi terkait fakta-fakta yang ada dilapangan,imbuhnya.(*)

Source: http://jogja.tribunnews.com/2012/05/16/pba-dan-lsm-idea-gelar-audit-sosial-di-dprd-bantul
@Ikatan Mahasiswa Bantul 2018 | Template By Oddthemes