Blusukan IMABA


Momentum Idul Adha 1433 H seolah tak ingin dilewatkan begitu saja oleh Ikatan Mahasiswa Bantul (IMABA). Tak heran pada hari Sabtu (27/10) lalu, IMABA blusukan ke Dusun Kersan Triwidadi Pajangan Bantul untuk menyalurkan dua ekor domba untuk disembelih.

Menempa Diri Sendiri

Tujuan utama blusukan IMABA ke Dusun Kersan Triwidadi Pajangan Bantul bukanlah untuk sekedar menyalurkan hewan qurban. Akan tetapi, penempaan karakter dan mental diri dengan terjun ke masyarakat didaerah terpencil merupakan tujuan utama dari blusukan IMABA. Ini penting dilakukan oleh para pemuda sebagai pewaris bangsa Indonesia. Sebab, dengan terjun ke masyarakat secara langsung, kita sebagai pemuda akan mampu menyelami pelbagai persoalan dimasyarakat. Secara tidak langsung, hal itu juga dapat memupuk sikap simpati sekaligus empati kita terhadap masyarakat. Dengan kata lain, semakin banyak kita terlibat dalam kasunyatan, maka kita akan paham dengan keadaan. Dampaknya, kedepan diharapkan akan muncul kader-kader pemuda yang pro rakyat. Bukan kader-kader yang sibuk mengurus dirinya sendiri.

Hanya Simbol

Adapun dua ekor domba kemarin hanyalah symbol sesrawungan IMABA dengan masyarakat Dusun Kersan Triwidadi Pajangan Bantul. Ini tak berbeda dengan qurban kita dimana hanyalah symbol. Meskipun kita telah berqurban dengan berpuluh-puluh atau bahkan berates-ratus sapi atau onta. Itu semua hanyalah symbol. Ya, symbol penghambaan kita kepada Sang Khalik. Ini bukan berarti symbol tidak penting. Akan tetapi, yang perlu kita pahami dan senantiasa kita resapi adalah bahwa kita harus ikhlas dalam menghamba kepada Sang Khalik. (FM)








@Ikatan Mahasiswa Bantul 2018 | Template By Oddthemes