Ikatan Mahasiswa Bantul (IMABA) mengikuti  Training audit sosial yang diwakili oleh 6 anggota , di kantor LOD (Lembaga ombudsman Daerah ) DIY  Rabu 27 Maret 2013. acara tersebut di isi oleh Buyung Ridwan Tanjung Kepala Pelaporan LOD DIY, yang membahas tentang Penguatan Partisipasi Masyarakat Untuk perbaikan Publik dan Hernindya Wisnu Aji Koordinator Divisi Advokasi Perencanaan dan Penganggaran Partisipatif IDEA yang membahas tentang audit sosial. 

Audit sosial merupakan evaluasi masyarakat terhadap program pemerintah . Selain itu, untuk memonitoring agar tidak terjadi penyimpangan dalam implementasi program. di DIY telah di lakukan audit sosial di 3 sektor, sektor pendidikan, kesehatan dan pertanian, di sektor pendidikan yang dilakukan audit sosial di PPDB (Peneriman Peserta Didik Baru) dan DAK (Dana Alokasi Khusus). untuk sektor kesehatan audit sosial dilaksanakn pelayanan peserta jamkesmas dan program AKI, AKB dan Gizi Buruk (IS).

Tujuan Pemberdayaan Masyarakat Melalui Audit Sosial adalah pemberdayaan Hak Publik Atas Informasi , Mengintegrasikan hak atas informasi dalam kehidupan sehari-hati masyarakat, Mendorong masyarakat untuk melakukan audit sosial terhadap layanan publik.

“Audit Sosial memasuki Tahun Kedua di Indonesia dan perjalanan masih panjang untuk audit sosial benar-benar bisa terasa manfaatnya”. 


Categories: