Mahasiswa Harus Memiliki Mobilitas Tinggi dan Tidak Boleh Kecolongan Start


Membahas mengenai kebutuhan dan masalah seorang mahasiswa tentu akan menjadi hal yang sangat menarik untuk dibahas. Alasan kenapa kita harus menjadi mahasiswa yang memiliki mobilitas tinggi dan tidak kecolongan start. Pepatah mengatakan : kesempatan yang hanya akan datang untuk orang yang siap. Seperti sekarang, pada saat menjadi mahasiswa adalah masa keemasan dalam hidup karena hanya terjadi sekali sepanjang hidup kita. Untuk itu perlu dimanfaatkan dengan sebaik mungkin. Pada proses belajar ini adalah masa dimana kita akan terinspirasi dan penuh motivasi seandainya kita menjadi mahasiswa yang aktif.

Mahasiswa yang memiliki mobilitas tinggi bukan untuk mereka yang sekedar datang, duduk, domblong atau untuk seorang pemalas yang tidak melakukan apa-apa. Tapi untuk mereka yang sadar dan memiliki kemauan yang tinggi dan mau bekerja keras untuk meraih cita-cita yang diharapkan. Seorang mahasiswa yang memiliki mobilitas  tinggi bisa disebut sebagai agen pembawa perubahan. Manfaatkanlah kesempatan ini karena pada saat ini kita masih terbebas dari pangkuan kepentingan dan posisi. Sebagai mahasiswa kita harus mampu menempatkan posisi yang terbaik sesuai dengan apa yang kita inginkan.

Bicara mengenai pengembangan karakter, diantara kita mungkin banyak yang sedang dirisaukan oleh padatnya aktifitas yang kita miliki. Kerisauan tersebut bisa disebabkan karena pentingnya mengejar prestasi dibarengi oleh tuntutan untuk aktif berorganisasi. Yang harus dipahami dari kita adalah bagaimana menjadi berhasil di aktifitas perkuliahan dan sukses dalam berorganisasi. Tidak sedikit fakta diantara orang-orang sukses yang dulu ketika menjadi mahasiswa sangat aktif berorganisasi tapi memiliki prestasi akademik yang tidak kalah dari mereka yang sekedar menjadi kupu-kupu. Apalah arti kita memiliki banyak ilmu tapi kita tidak mampu untuk menyalurkannya. Atau sebaliknya ketika kita tidak mampu menghadapi tuntutan pekerjaan dari jabatan kita miliki karena keterbatasan ilmu yang kita miliki. Pada saat berorganisasi inilah kita sebagai mahasiswa akan belajar bagaimana berinteraksi dengan baik maupun berkegiatan dengan menerapkan pemikiran dan kreatifitas yang kita miliki. Sehingga pada akhirnya kita akan memiliki karakter yang kuat ditengah kehidupan kita sebagai masyarakat.

Mulailah untuk mencoba berbagai tantangan dari kegiatan baru, akan membantu kita untuk belajar memecahkan masalah. Rasa lelah yang kita rasakan akan hilang seandainya kita berhasil memecahkan masalah. Dengan mencoba berbagai kegiatan dari organisasi yang kita miliki akan mendorong kita untuk berinteraksi dengan orang lain, menyelesaikan masalah lewat musyawarah bahkan mengambil keputusan akan mendorong kita untuk menjadi pemimpin. Pada kenyataannya, mahasiswa sekarang banyak yang kurang aktif karena takut mengambil resiko. Justru dengan kita melakukan kesalahan, kita akan menjadi sadar dan mendapatkan pembelajaran yang baru. Seandainya kita takut maupun lari dari kesalahan yang kita lakukan, Kita tidak akan mampu mengembangkan diri kita untuk menjadi lebih baik. Beri tantangan baru untuk diri ini supaya dapat menghilangkan rasa takut yang kita alami. Hadapi rasa takut dengan melakukan tindakan penyelesaian.

Atur strategi suksesmu dengan baik. Setiap mahasiswa pasti memiliki cita-cita dan harapan. Kecewa terhadap diri sendiri akan datang pada saat yang tidak kita harapkan selama ini yang berlalu dibenak kita dan musnah seiring dengan berjalannya waktu. Untuk itu marilah memanfaatkan waktu yang tersisa sebaik mungkin. Jangan sungkan melihat kalender dan pasang target sesuai apa yang ingin dicapai. Mari kita realisasikan apa yang menjadi mimpi kita selama ini.

Untuk menjadi sukses harus dibarengi dengan prioritas dan komitmen yang tinggi. Coba ingat kembali! Seberapa besar semangat yang kita miliki saat pertama kali datang kebangku kuliah?. Berapa banyak organisasi yang telah kita masuki tapi terbengkalai ditengah jalan? Atau masih teringat dibenak kita, mimpi untuk masuk di perguruan tinggi favorit dan jurusan yang kita inginkan tapi pada akhirnya gagal. Bencana kegagalan itu terjadi karena kita kurang mampu untuk berkomitmen dan tidak mampu menempatkan prioritas kita dengan sebaik mungkin. Mupung masih menjadi mahasiswa, mari kita belajar berkomitmen dan tempatkan prioritas kita dengan sebaik mungkin.

Jangan sampai kecolongan start. Sebagai seorang mahasiswa kita harus dinamis mengikuti tuntutan zaman yang semakin maju. Ingatlah pepatah yang menyatakan bahwa kesuksesan hanya datang kepada orang yang siap. Mari kita mulai dengan banyak membaca berita tentang perkembangan zaman. Perhatikan dan ikuti setiap isu-isu global. Kita mungkin sudah tau mengenai penetapan pasar bebas china, asean di tahun 2015 atau mungkin rencana pasar bebas dunia akan ditetapkan dimasa mendatang. Artinya isu ini menetapkan bahwa batas antar wilayah antar negara dibelahan dunia ini semakin menipis. Perkembangan ini akan dapat membawa perubahan yang drastis pada kehidupan kita. Pahami dan siapkan setiap kemungkinan yang akan terjadi dimasa yang akan datang. Misalnya, sebelum pasar bebas terjadi kita bisa mengasah kemampuan kita, menambah wawasan perkembangan ekonomi dunia, Mengikuti Perkembangan Pendidikan sesuai bidang yang kita geluti. Hal ini dapat menyadarkan kita supaya bergegas mempersiapkan diri untuk bersaing.

Jangan sampai terpuruk dengan jatuh pada kemungkinan buruk. Dalam hidup ini hanya ada 2 pilihan. Yaitu baik dan buruk, sukses atau gagal, kaya atau miskin, pintar atau bodoh, sehat atau sakit, maju atau mundur, dan surga atau neraka.  Supaya kita tidak terjatuh pada pilihan  yang buruk pada kehidupan ini, kita wajib untuk mempersiapkan diri supaya pilihan baik bisa jatuh ditangan kita. Kita harus tau hal terbaik yang harus kita lakukan.

Ikatan mahasiswa bantul selalu berharap supaya hal-hal terbaik selalu terjadi di hidup mahasiswa calon penerus bangsa. Selamat berjuang sebagai mahasiswa untuk meraih kehidupan yang lebih baik!


Dept    : Kaderisasi IMABA
@Ikatan Mahasiswa Bantul 2018 | Template By Oddthemes