Kunjungan Departemen Pendidikan IMABA ke Radio Buku

Imaba,Ikatan Mahasiswa Bantul,Bantul,#Imaba,#Bantul,Mahasiswa Bantul,Mahasiswa,mbantul,Imaba Bantul,Radio, Radio Buku,Kunjungan ke Radio, Radio online,Radio Streaming, Dekat ISI Jogja,Perpustakaan, Perpustakaan Umum,Kunjungan, Kunjungan IMABA

Bantul-Ikatan Mahasiswa Bantul (IMABA) melakukan kunjungan ke Radio Buku,Rabu 3 Februari 2016. Kunjungan ini dilakukan oleh departemen Pendidikan IMABA dalam rangka mengetahui perkembangan literasi di Indonesia. Radio buku merupakan sebuah organisasi yang bergerak di bidang literasi internet,menggunakan media radio streaming.

Rombongan IMABA disambut hangat oleh Fairuz selaku koordinator Radio Buku. Radio Buku yang berlokasi di Gedung Bale Black Box tepatnya Pojok Barat Perpustakaan ISI Sewon Bantul ini,juga mempunyai perpustakaan.

 Perpustakaan ini dibuka untuk umum,dengan jam buka 13.00-22.00 untuk umum. Kegiatan yang dilakukan oleh Radio buku antara lain workshop kepenulisan,bedah literasi dan diskusi. Tak hanya itu, radio buku juga mempunyai ruangan arsip media cetak. Menariknya, terdapat ribuan tumpukan koran serta  majalah baik dari Indonesia maupun mancanegara.

Berbagai koran dan majalah dari berbagai tahun ditemukan di sini,bahkan ada majalah yang terbit pada tahun 1950. Semua koran dan majalah ini kemudian dibuat arsip digital.

Tim rombongan IMABA juga berdiskusi banyak mengenai perkembangan media dan literasi di Indonesia. Fairuz, ketika ditanya soal bagaimana nasib media cetak konvensional yang tengah bersaing dengan media online.

 Fairuz optimis bahwa media cetak tetap akan bertahan karena bagaimanapun media cetak memiliki keunggulan dari media online yakni soal akuratnya berita. Saat ditanya apa harapan bagi mahasiswa di Indonesia. “Mahasiswa kunjungilah perpustakaan”,kata Fairuz.

(Nurul Aini)


@Ikatan Mahasiswa Bantul 2018 | Template By Oddthemes