IMABA Membantu Kegiatan JAMKESUS (Jaminan Kesehatan Khusus)


Bantul, Rabu 20 April 2016 pukul 07.30 WIB Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Bantul menyelenggarakan JAMKESUS (Jaminan Kesehatan Khusus) bagi penyandang Disabilitas Terpadu. Dalam kegiatan tersebut, Dinsos mengajak relawan-relawan dari Karangtaruna Wijirejo, Poltekes dan dari IMABA (Ikatan Mahasiswa Bantul) untuk membantu berjalannya acara.

Dalam kegiatan tersebut, ada 108 orang warga dari berbagai kecamatan di Bantul sebagai penyandang disabilitas. Untuk jenis disabilitas yang diderita beragam, mulai dari tuna rungu, tuna rungu-wicara, cacat fisik, keterbelakangan mental, cacat pengendalian diri dan jenis lainnya. Angka tersebut bisa saja lebih banyak lantaran belum semuanya datang. Kegiatan JAMKESUS selanjutnya akan dilakukan di kecamatan Pundong Bantul.

Kontribuasi yang kami berikan untuk membantu berjalanya kegiatan tersebut antara lain membantu mendampingi serta melakukan pendataan kepada peserta disabilitas. Kegiatan JAMKESUS dilakukan dalam suatu rangkaian pelayanan.Proses pemberian pelayanan tersebut meliputi pendataan serta pemeriksaan yang di lakukan untuk mengetahui alat kebutuhan para penderita disibitas tersebut.

Pada kesempatan tersebut IMABA diberi wewenang untuk membantu pendataan keluhan apa yang dirasakan oleh penderita dengan cara melakukan wawancara terhadap penderita tersebut.Setelah itu, mengarahkan para penderita untuk dilakukan pemeriksaan, kemudian mendata kebutuhan apa saja yang dibutuhkan oleh Penyandang disabilitas tersebut, sehingga diharapkan bagi mereka yang kurang beruntung tersebut dapat memperoleh pelayanan dan bantuan alat bagi yang membutuhkan.Itulah sekelumit kegiatan yang dilakukan oleh IMABA dalam membantu acara JAMKESUS. 


@Ikatan Mahasiswa Bantul 2018 | Template By Oddthemes