IMABA Mengajar Di Pelosok Bantul



Imaba Mengajar adalah sebuah kegiatan rutin yang dilakukan oleh anggota Departemen Pendidikan Ikatan Mahasiswa Bantul (IMABA), kegiatan tersebut dilaksanakan rutin setiap hari Sabtu di sebuah desa yang berada di daerah Srandakan, tepatnya di Dusun Tegalan Pedak RT 63 Trimurti Srandakan Bantul. Letak daerah tersebut memang jauh dari pusat kabupaten Bantul.Namun demikian, antusias anak-anak yang berada di desa tersebut sangat tinggi.

Kegiatan Imaba Mengajar mulai dilaksanakan bulan Januari 2016. Pesertanya pun sangat bervariasi, mulai dari anak-anak yang masih kelas 1 SD hingga kelas 6 SD.Kegiatan Imaba Mengajar ini dilakukan disebuah Mushola, juga ada seorang guru mengaji yang bernama bapak Supriyanto,oleh karena itu sebelum memulai kegiatan pembelajaran dari anggota Departemen Pendidikan Imaba, biasanya anak-anak belajar mengaji terlebih dahulu.

Setelah mengaji, kegiatan Imaba Mengajar pun dimulai. Kegiatan yang dilakukan antara lain membahas materi-materi pelajaran yang diajarkan disekolah, dalam kegiatan mengajar ini sebagian anak mengalami kesulitan dalam belajar mata pelajaran matematika setelah mengetahui tingkat kesulitan anak-anak dalam hal menghitung teman-teman dari Imaba mengajarkan cara belajar yang dianggap meringankan anak-anak dengan cara menyelipkan dengan permainan.

Kegiatan Imaba Mengajar tidak hanya dilakukan dengan belajar mata pelajaran dengan terus menerus melainkan diberi selingan dengan permainan sehingga anak-anak tidak hanya pandai dalam hal kognitif tetapi dalam psikomotorik anak-anak juga harus berkembang agar seimbang.Dari pihak teman-teman Imaba juga mengajak teman-teman dari mushola tersebut dengan jalan-jalan disekitar daerah tersebut sebelum mengajak jalan-jalan kami mengadakan menggambar bersama yang kemudian memilih tiga gambar yang dianggap lebih kreatif yang akhirnya mendapatkan hadiah.

Kegiatan Imaba Mengajar ditutup pada hari Sabtu, tanggal 9 April 2016. Acara penutupan Imaba Mengajar diakhiri dengan Outbound oleh anak-anak peserta Imaba Mengajar. Acara dimulai setelah selesai sholat Ashar.  Anak-anak tampak antusias dalam mengikuti kegiatan tersebut. Mereka juga sangat kompak dalam melewati tantangan demi tantangan yang diberikan oleh kakak-kakak Imaba dan diakhir acara, diadakan pembagian hadiah yang mana sebelum melaksanakan kegiatan tersebut, anggota Departemen Pendidikan Imaba sudah mempersiapkan hadiah untuk peserta Imaba Mengajar.

Anak-anak terlihat sangat senang karena mereka semua mendapatkan hadiah. Selain itu, bapak Supriyanto selaku guru mengaji disana juga memberikan sambutan yang hangat terhadap acara penutupan Imaba Mengajar tersebut. Acara kemudian diakhiri dengan pemberian kenang-kenangan dari Departemen Pendidikan Imaba kepada bapak Supriyanto dan kemudian dilanjutkan dengan sholat Maghrib berjamaah.

Banyak terselip kesan dari teman-teman srandakan dan dari anggota Imaba rasa susah senang telah dilewati bersama, dimulai dari jarak tempuh yang jauh, hingga hujan pun kami lalui. Terlintas kesedihan dari benak kami ,karena mendapatkan sepucuk puisi dari seorang anak disana yang sangat berkesan.

Mahasiswa yang sesungguhnya ialah mahasiswa yang mampu membawa daerah asalnya lebih maju. Salam Mahasiswa! 

(Nurul Aini)

@Ikatan Mahasiswa Bantul 2018 | Template By Oddthemes