Dear Adek-adek Mahasiswa Baru

Pict from nyunyu.com



Apa kabar kalian? Selamat buat kalian yang sudah diterima menjadi mahasiswa baru di manapun kalian berada. Dan selamat berjuang bagi yang masih mengejar impian untuk dapat menjadi mahasiswa baru di perguruan tinggi impian. Janganlah bersedih apabila kalian masih berjuang. Masih banyak jalan menuju Roma.

Memang, saat ini sedang banyak dibicarakan oleh kaum muda tentang pendaftaran sebagai mahasiswa baru di perguruan tinggi. Sudah kita ketahui bahwa tanggal 31 Juni 2016 kemarin telah diadakan ujian SBMPTN. Banyak sekali calon-calon mahasiswa baru medaftar dan mengikuti tes tersebut. Tentunya mereka memilih tempat belajar di perguruan tinggi yang terkenal dan elite yang diharapkan kelak menjadi mahasiswa pintar, mudah mendapat pekerjaan serta jabatan sehingga menjadi orang yang sukses. Hingga mungkin lupa bahwa hari ini 01 Juni 2016. Hari lahir pancasila. Hari bersejarah bagi bangsa Indonesia yang tidak boleh dilupakan.

Itulah fenomena yang ada. Seringkali orang menyangka menuntut ilmu di tempat yang elite dan terkenal ituakan kelihatan pintar. Bahkan ada yang mengatakan bahwa dengan sekolah di luarnegeri lebih gampang mendapatkan pekerjaan dengan jabatan yang tinggi. Lalu,apakah teori ini selalu benar?Marilahkita sejenak menjadi manusia yang sebenarnya manusia. Seperti para pahlawan dahulu kita. Marilah kita melanjutkan cita-cita beliau. Bukan manusia yang hanya mengejar gengsi. Kita semua tidak menyangkal pasti punya rasa gengsi. Tetapi, bagaimana kitamengendalikannya. Itu hanya kita yang tahu. Lalu apa bedanya menuntut ilmu di luar negeri? Tentunya berbeda dari segi budaya, lingkungan dan selebihnya sama.

Perlu kita sadari, kesuksesan itu terbentuk bukan darimana kita bersekolah.Tetapi dari bagaimana kita mengaplikasikan dan menerapkan ilmu dan pengetahuanyang telah didapatkan dalam bangku sekolah maupnun kuliah.

Kesuksesan dapatkita raih dimanapun dan kapanpun kita berada. Asalkan ada niat untuk sukses, berjuang,berusaha dan berdoa semaksimal mungkin untuk meraihnya.Selanjutnya,jangan mudah putus asa dan menyerah. Karena kesuksesan sangat membutuhkan optimistis. Jangan galau dengan kegagalan yang pernah datang dalam kehidupan.Kegagalan itu akan membuat kita semakin bijak untuk tidak melakukankesalahan demi masa depan yang indah.

Jadi, kegagalan bukanlah keguguran. Teruslah optimis! Karena dengan optimis kita menjadi percaya dalam melakukan usaha. Hindarilah sikap pesimis. Mengapa? Pesimis itu hanya akan membawa energi negatif.Pesimis hanya akan membuat kita takut untuk mencoba. Itu hanya akan menyusahkan kita dalam melakukan sesuatu.Psimis hanyamembuang-buang waktu saja. Karena kita tidak maju-maju. Pesimis akan hilang jika kita berusaha untuk menghilangkannya dengan niat dan usaha yang kuat.

Terakhir, percayalah.keberuntungan. Keberuntungan itu juga masuk dalam hal yang penting. Tapi,jangan jadikan acuan. Tetaplah niat dan usaha yang kuat. Dengan seperti itukeberuntungan selalu menyertai kita. Sekali lagi, jangan terpaku dengan dimana kita menuntut ilmu. Karena yangmembuat kita berbeda bukan kita di tempat yang tinggi. Tapi, bagaimana kitamenempatkan diri kita dan menerapkan hal-hal yang kita dapat. Jangan bersikap opsimistis. Dan ketika kita telah mendapatkan keberhasilan jangan lupa selalu bersyukur.

Karena kebahagiaan dapat dihancurkan dalam waktu sedetik dansebaliknya. Jangan terbutakan dengan apa yang telah kita punya dan dapatkan. Yangterpenting, kenali diri kita sehingga kita tahu seberapa berharganya diri kita untuk sesama.Selamat belajar wahai mahasiswa dan calon mahasiswa baru di Bantul dan seluruh Indonesia!

Selamat berkarya untuk negeri tercinta! Teruskanlah cita-cita para pahlawan kita!
Kita tidak akan pernah tahu apa yang akan terjadipada esok dan kemudian hari. Tetaplah berusaha daan niatkan untuk hal-hal yangberguna bagi sesama. Tidak semua orang memiliki pemikiran dan pandangan yangsama dengan kita. Tidak mungkin, semua orang akan setuju dengan pendapat kita. Biarkanlahsetiap orang memilih caranya masing masing.

Keep on trying. Keep learning. Keepsmile. Keep spirit. Keep fighting!
Hidup Mahasiswa!
Salam Pemuda Indonesia!
Semangat Integritas!
Jangan Lupakan Sejarah!

Istiani Romadhoni (IH) 2016 

@Ikatan Mahasiswa Bantul 2018 | Template By Oddthemes