Pemuda Peduli Pendidikan



Pendidikan merupakan salah satu pondasi di suatu negara. Negara yang maju sangat memperhatikan pendidikan warganya. Baginya,pendidikan sangatlah penting bagi manusia demi kemajuan pribadi maupun negara sendiri. Warga yang memiliki pendidikan yang baik dapat menyumbang kualitas Sumber Daya Manusia yang baik, berkualitas, cerdas dan mampu bersaing di era global ini.

Namun, hingga saat ini permaslahan pendidikan masih tinggi meskipun telah ditangani oleh pemerintah. Berbagai permasalahan masih ditemukan seperti kurang meratanya pendidikan di Indonesia dan kurangnya kepedulian orang tua terhadap pendidikan anak karena faktor ekonomi, sosial, maupun lingkungan.

Berbagai permasalahan pendidikan tentunya bukan hanya menjadi tanggungjawab pemerintah saja. Sudah saatnya kita sebagai pemuda mulai bergerak dan peduli dengan penddikan di Indonesia. Selama ini mahasisawa sudah dikenal oleh kalangan umum sebagai agent of change bagi bangsa.

Oleh karena itu, mahasiswa juga harus ambil bagian untuk menanngani pendidikan meskipun pemerintah terus bertindak. Meskipun kecil, tetapi pemudalah kelak yang akan menjadi masa depan bangsa ini. Mahasiswa harus mulai bertindak dari diri sendiri. Yang pertama yaitu, fokus pada amanah belajar dari orang tua kita.

Berikan hasil yang terbaik dan targetkan semaksimal mungkin. Kedua, melatih soft skill seperti mengikuti organsisasi kampus/non kampus atau Unit Kegiatan Mahasiswa. Kegiatan ini sangat melatih soft skill mahasiswa dalam kepemimpinan, koordinasi, kerjasama, tanggungjawab,menjalin relasi dengan berbagai pihak dan meningkatkan jaringan sosial dalam berbagai tingkat.

Selain itu, mengembangkan hobi juga penting bagi mahasiswa. Mahasiswa dapat mengembangkan hobinya dengan mengikuti les, forum, pameran dan ajang yang sesuai dengan hobinya.

Perlu kita ketahui hobi yang dibayar akan memberikan energi positif bagi kita sendiri. Kemudian, tidak ada salahnya sebagai mahasiswa terus belajar bahasa terutama bahasa daerah dan bahasa internasional. Bahasa ini sangat penting bagi kehidupan kita kelak kedepan. Bahasa daerah kita jadikan sebagai jati diri kita sedangkan bahasa internasional kita jadikan sebagai bahasa komunikasi ketika kita melakukan interaksi di ranah ASEAN maupun internasional. Tentunya sebagai mahasiswa tidak ingin hanya berdiam diri saja. Banyak hal yang ingin diketahui dan dikunjungi untuk bekal di masa depan nanti. Sehingga belajar bahasa asing dan ditambah terus mencari peluang beasiswa ke luar negeri sangat penting bagi mahasiswa.

Terakhir, seorang mahasiswa selain mempunyai tanggungjawab belajar dan memberikan hasil terbaik orang tuanya, berorganisasi untuk mengembangkan soft skill pada dirinya, tetapi juga harus bisa memberikan manfaat bagi tempat asalnya.

Salah satunya dengan berbagi pengalaman dan ilmu untuk anak-anak yang membutuhkan atau yang kurang perhatian selama ini. Seperti yang telah dilakukan oleh IMABA melalu departemen pendidikan yaitu program IMABA mengajar. Mahasiswa dapat membagi pengalaman belajar, mendapatkan beasiswa, kegiatan-kegiatan positif bahkan keliling dunia kepada anak-anak yang menjadi sasaran. Kemudian, ilmu yang didapatkan selama ini dapat dibagikan kepada anak-anak.

Tidak hanya ilmu murni saja, tetapi juga ilmu kesehatan, teknologi dan seni karena di IMABA tidak hanya mahasiswa dari ranah dunia pendidikan saja. Hal ini diharapkan akan dapat memberikan kontribusi kepada masyarakat terutama anak-anak akan lebih tahu berbagai hal sehingga tidak ketinggalan bahkan lebih maju dengan anak-anak di wilayah kota.

Semua hal itu tadi tentunya membutuhkan niat dan tekad yang kuat. Jangan sampai menjadi mahasiswa yang hanya kuliah-pulang atau yang hanya sibuk organisasi atau mengembangkan hobi saja. Atau mahasiswa yang akademik baik dan mengikuti organiasai tetapi tidak berkomitmen dengan apa yang telah disepakati.

Jadilah mahasiswa yang peduli pendidikan dirinya dengan menyeimbangkan akademik dan soft skill. Habiskanlah masa gagal semuda mungkin sehingga di masa yang akan datang tinggal menuai hasil yang kita impikan. Terus berkomitmenlah dengan akademikmu, organisasimu, dan prestasimu! Mahasiswa Cerdas dan Berintegritas, Indonesia Jaya!         

Istiani Romadhoni (IH) 2016
@Ikatan Mahasiswa Bantul 2018 | Template By Oddthemes