HEBOH HASIL UNBK SMK TAHUN 2017 DI BANTUL



Meski dinyatakan lulus 100%, nilai hasil UNBK SMK Kabupaten Bantul secara keseluruhan terendah di seluruh DIY. Setelah menjadi yang terbaik di tahun sebelumnya, tahun ini nilai rata rata Bantul jeblok. Sedangkan untuk nilai UNBK SMA Bantul berada di peringkat ketiga.

Kepala Balai Pendidikan Menengah (Dikmen) Bantul Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora) DIY, Suhirman membenarkan bahwa hasil nilai UNBK SMK Bantul ada diperingkat terbawah. Menurut Suhirman setelah mengevaluasi dari berbagai sisi, anjloknya perolehan nilai UNBK SMK disebabkan oleh beberapa hal. Yang pertama, minimnya pelaksanaan try out atau latihan pelaksanaan ujian dikarenakan anggaran yang awalnya diambil dari Kabupaten, berpindah kewenangan menjadi milik Provinsi. 

Kedua, siswa masih canggung untuk menghadapi komputer karena di dalam komputer ada waktunya sehingga siswa secara mental terburu-buru dan menjadi tidak maksimal dalam mengerjakan soal ujian. Ketiga, kebijakan bahwa UNBK tidak menjadi satu-satunya faktor penentu kelulusan menjadikan banyak siswa yang kurang bersungguh-sungguh untuk belajar.

Mengatasi permasalahan tersebut, para guru dan orang tua harus selalu memotivasi siswa dan anaknya agar belajar dan mengerjakan soal ujian dengan maksimal. Walaupun UNBK tidak berpengaruh pada kelulusan, tetapi dengan melihat hasil UNBK maka keberhasilan pembelajaran bisa diketahui.
@Ikatan Mahasiswa Bantul 2018 | Template By Oddthemes