TRY OUT UN SD se-Kecamatan Pajangan


(Pajangan, 16/4) Puluhan siswa kelas VI sekolah dasar di Kecamatan Pajangan mengikuti try out ujian nasional di SMP N 2 Pajangan. Try out ini merupakan salah satu program kerja Sie Pendidikan dan Pelatihan di Karang Taruna Asung Bhakti Desa Triwidadi Pajangan yang dilaksanakan pada tanggal 16 April 2017. Kegiatan ini sebagai wujud kepedulian Karang Taruna Asung Bhakti mengenai pendidikan di Kecamatan Pajangan, khususnya persiapan ujian nasional bagi siswa kelas VI sekolah dasar.

Dalam kegiatan ini, Karang Taruna Asung Bhakti menggandeng instansi sekolah  dan beberapa organisasi yang ada di Kecamatan Pajangan dan Kabupaten Bantul. SMP N 2 Pajangan sebagai instansi yang ikut menyelenggarakan kegiatan Try Out UN SD se-Kecamatan Pajangan ini. Beberapa organisasi yang bergabung dalam kegiatan ini adalah KP3 (Komunitas Pemuda Peduli Pendidikan), BumDes, Taman Bacaan Masyarakat Kecamatan Pajangan, dan IMABA (Ikatan Mahasiswa Bantul).

Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Minggu, 16 April 2017. Menurut Ririn Hidayati, salah satu panitia try out, salah satu tujuan memilih lokasi penyelenggaraan di SMP N 2 Pajangan adalah untuk mengenalkan SMP N 2 Pajangan kepada siswa SD, calon siswa SMP. Siswa kelas VI SD yang menjadi peserta dalam kegiatan ini tidak dipungut biaya. “Hal ini dilakukan agar dapat menarik minat siswa kelas VI SD untuk mengikuti kegiatan, mengenalkan program kerja Karang Taruna Asung Bhakti untuk masyarakat Desa Triwidadi dan sekitarnya, serta kepedulian Karang Taruna Asung Bhakti mengenai persiapan ujian nasional siswa kelas VI SD di Kecamatan Pajangan”, begitu kata Herlin Umayah selaku ketua panitia.

Kegiatan ini dimulai pukul 07.30 untuk melakukan registrasi peserta. Kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari Karang Taruna Asung Bhakti dan pihak SMP N 2 Pajangan. Setelah itu siswa dikondisikan untuk memasuki ruang ujian. Ruang ujian dibagi menjadi 5 ruang. Setiap ruang ujian diisi sampai 30 peserta. Pengerjaan try out sendiri dimulai pukul 08.45 sampai pukul 10.45 yang kemudian dilakukan pembahasan soal oleh IMABA. Setelah pembahasan soal kegiatan diisi dengan penayangan film motivasi, peningkatan motivasi untuk dapat mengerjakan ujian nasional oleh Mas Adhliganiy, dan pembagian doorprize.

Besar harapan kami untuk dapat melakukan kerjasama di berbagai kegiatan lagi dengan organisasi-organisasi yang ada. “Semoga kita bisa bekerjasama lagi di kelas-kelas yang berbeda, SMP dan SMA misalnya”, begitu harapan Ratman, salah satu panitia  try out.

Nurika Sudaryani



@Ikatan Mahasiswa Bantul 2018 | Template By Oddthemes